Cara Pelumasan Kabel Shifter & Rem

Cara Pelumasan Kabel Shifter dan Kabel Rem sengaja kami posting di blog ini dengan tujuan memberikan pembelajaran untuk para pemula yang baru mengenal sepeda. Untuk yang sudah biasa bermain dengan sepeda tentunya hal ini sudah di luar kepala. Seperti kita ketahui, performa sepeda mtb akan terus bagus, jika kita bisa merawat nya.

Semua masalah biasanya berawal dari kotoran yang menempel dan lama lama mengganggu system tersebut. Dan saat ini kita sedang membahas apa dan bagaimana cara perawatan dan pelumasan kabel shifter dan rem.

Untuk pelumasan kabel rem cara sederhana yang sering saya lakukan adalah dengan cara menyuntikan (menggunakan suntikan bekas) olie atau pelumas ke sela sela kabel (kawat rem) dengan housingnya. Housing kabel disini adalah rumah kabel atau dengan bahasa yang sederhananya adalah selongsong tempat kawat tersebut. Saat proses penyuntikan berlangsung tuas rem sambil sesekali ditarik, tujuan untuk memudahkan masuknya olie dan mempercepat proses pelumasan. Setelah olie keluar dari housing bagian bawah (dekat v-brake maupun disbrake) jangan lupa untuk membersihkan nya dengan lap bersih, agar tidak ada ceceran pelumas di lantai.

Sedangkan untuk kabel shifter, ini yang terpenting menurut saya. Karena jika kabel shifter kotor atau berkarat hal ini dapat berpengaruh pada susah nya melakukan penyetingan FD (Front Derailleur) atau RD (Rear Derailleur). Cara terbaik untuk melumasinya adalah dengan terlebih dahulu melepas kabel shifter.

Berikut sedikit tutorial cara melepas kabel shifter dan melumasinya :

1. Posisikan sepeda mtb anda pada standart (paddock) atau apapun namanya, yang penting roda belakang bisa terangkat.

2.setelah terangkat kayuh pedalnya sambil memindahkan posisi rantai ke sproket belakang (RD) yang paling besar.

3.Kemudian pindahkan lagi posisi gear ke posisi sebaliknya tanpa dikayuh pedalnya. Nah, disinilah kabel shifter akan otomatis kendor dan mudah untuk di lepas.

4. Setelah kabel shifter terlepas, anda bisa memulai proses pelumasan kabel shifter dan housingnya.

Untuk lebih jelas bagaimana cara melepas kabel shifter, berikut tutorial video dari Youtube:


Setelah membaca dan melihat tutorial video tersebut diharapkan semua goweser pemula (termasuk saya) bisa melakukan perawatan sepeda nya sendiri. Posting tentang Cara Pelumasan Kabel Shifter dan Kabel Rem kami cukupkan sampai disini, semoga membantu

Baca juga artikel sebelumnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk pengguna baru lebih baik baca dahulu "CARA ORDER" nya sebelum berkomentar. Jangan buang waktu untuk spam di blog ini ya...